Jumat, 01 Agustus 2008

Pelindung Gadget agar Anti Air

golden shellbackProduk besutan Northeast Maritime Institute yang disebut Golden Shellback ini menarik. Dapat membuat ponsel Anda terlindung dari kerusakan akibat paparan cuaca dan kelembaban, alias tahan air, tanpa mengubah tampilannya.

Proses waterproofing tidak meninggalkan jejak tempelan atau tambahan ketebalan. Ponsel tampak normal seperti biasa. Satu-satunya cara mengetahui bahwa ponsel sudah di-shellbacking adalah dengan mencemplungkannya ke dalam air. Berani coba?

Proses shellbacking, begitu dituturkan Sidney Martin (Director of Technology, Northeast Maritime Institute) memanaskan cairan menjadi gas, yang lalu ‘dipasangkan’ ke gadget dalam kondisi vakum. Gas akan berubah bentuk dan menempel pada permukaan gadget sebagai lapisan film yang transparan. Sayang tidak banyak lagi yang dijelaskan Martin, karena masalah paten produk.

Selain itu proses tersebut ternyata belum terlalu sempurna. Scroll ball dari BlackBerry Pearl yang menjalani proses ini ternyata tidak berfungsi setelah dikeluarkan dari air dingin. Namun lain-lainnya bekerja dengan baik. Menurut Martin, Golden Shellback sebenarnya lebih ditujukan sebagai solusi dari percikan air (splashproofing), bukan untuk membuatnya waterproof.

Yang juga perlu diingat, saat sebuah gadget di-shellbacking, port dan konektornya diisolasi sehingga tidak terlindung oleh Golden Shellback. Menurut Martin, port dan konektor tidaklah harus di-waterproof karena fokusnya lebih ke ketahanan terhadap percikan air (splashproofing).

Produk ini ditujukan untuk melindungi produk elektronik rumah tangga, dan nantinya juga untuk bidang medis. Saat ini Golden Shellback sedang menjajaki model distribusi dan kerjasama dengan produsen handset. Mudah-mudahan cepat dipasarkan di Indonesia, hehehe...


Tutorial Bisnis Online:

Artikel menarik lainnya:



Comments :

1

Memang mantab nih untuk melindungi gadget, tapi kok sepertinya akan banyak dana yang dikeluarkan untuk melakukan ini.

sapimoto mengatakan...
on 

Posting Komentar