Rabu, 16 Juli 2008

Nokia 5000, Ponsel Musik Untuk Pemula

nokia 5000Seperti saudara-saudaranya, di ponsel Nokia ini ada Music player. Dukungan terhadap A2DP pada Bluetooth memungkinkan headset ber-Bluetooth digunakan untuk mendengarkan musik. Sayangnya, tak ada tombol pintas untuk mengaktifkan Music player. Namun pintasan navigasi masih bisa diatur ulang untuk memasukkan pintasan ke Music player, yaitu dari Settings > My shortcuts > Navigation key. Tentu saja headset biasa tetap terpakai, antara lain untuk mendengarkan radio. Seperti kebanyakan ponsel entry-level, headset berperan sebagai antena penangkap sinyal radio.

Jadi radio baru bisa dipakai bila headset tercolok. Port-nya ada di kanan bodi, ujung paling atas. Yang menarik, FM radio ini dilengkapi pula dengan perekam, dan file-nya adalah amr. Oya, di keypad ada pintasan untuk radio; pencet-tahan saja tombol * untuk menyalakan.

Fungsi multimedia lainnya yang menarik dijajal adalah kamera. Beresolusi 1,3MP, kamera hanya ditemani cermin. Pas untuk mereka yang hobi memotret atau merekam diri sendiri. Tombol kameranya ada di sisi kanan bodi; mudah dijangkau ketika menjepret dalam posisi horisontal. Menu Camera dan Video terpisah, tetapi dalam masing-masing menu aplikasi ada pintasan untuk pindah dari Camera ke Video dan sebaliknya. Foto bisa dibuat dengan ukuran maksimal 1280x1024, sementara untuk video tersedia opsi Default dan Maximum.

Foto dan video mudah di-share via Internet karena di ponsel ini ada fasilitas GPRS. Mau browsing via WAP atau ber-e-mail? Tak masalah! Ponsel ini juga dilengkapi Nokia Xpress Audio Messaging yang memungkinkan kita merekam pesan suara, lalu mengirimnya. Namun ponsel penerima harus kompatibel.

Lamanya masa hidup batere menjadi satu poin menarik lainnya. Tak perlu buru-buru isi ulang batere, atau menenteng charger ke sana-ke mari; meskipun charger-nya imut. Port charger ini juga bisa ditemukan di kanan bodi, ketiga dari atas.

Sosok seri 5000 mirip dengan seri 5310 yang sudah lebih dulu beredar. Perbedaan yang paling mudah dilihat adalah absennya tombol musik di sisi kiri layar. Kualitas suaranya dalam mode standar sebanding dengan Nokia 5310, tetapi tidak ada equaliser. Sayang, tak ada slot memori eksternal di sini, padahal memori internalnya hanya 12MB.

Dimensi ponsel ini pun sebetulnya sedikit lebih besar; begitu pula bobotnya. Namun masih tetap nyaman digenggam. Menurut catatan Sinyal, ponsel ini direncanakan keluar dengan pilihan warna hijau (Cyber Green), biru (Neon Blue) dan ungu (Prefect Purple). Paketnya terdiri dari handset, batere, charger, headset stereo dan manual.

Keypad bersusun standar. Penguncian (maupun membuka penguncian) keypad bisa dilakukan manual dengan memencet tengah navigasi (Unlock), lalu pencet tombol *. Memencet-tahan tombol # akan mengaktifkan Silent.

DENGAN KATA LAIN...
Ponsel pemula dengan fasilitas lebih dari pemula.
PLUS : Desain cantik, suara bagus.

MINUS : Tanpa slot memori eksternal.

SPESIFIKASI Nokia 5000
Harga : di bawah Rp 1.500.000
Jaringan : GSM 850/1900 MHz, EGSM 900/1800 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 106x46x12 mm
Bobot : 72 gram
Batere : Li-ion 3,7V 700mAh (seri BL-4B)
Waktu siaga : sampai 14 hari
Waktu bicara : sampai 4 jam
Layar : 2”, QVGA, 320x240 pixel, 65 ribu warna
Memori internal : 12MB
Memori tambahan : Tidak ada
Konektivitas antar peranti : Bluetooth
Konektivitas internet : GPRS; WAP
Kamera : 1,3MP
Ringtone : Polifonik
Phonebook : 1000 entri
Messaging : SMS, MMS, Flash message, E-mail, IM, Voice message
Aplikasi : Music player, Radio, Voice recorder, Alarm clock, Calendar, To-do list, Notes, Calculator, Countdown Timer, Stopwatch (Split timing, Lap timing), Dictionary, Game (Backgammon II, City Bloxx, Snake III), Converter, Download, Opera mini
Isi paket : Charger, manual


Tutorial Bisnis Online:

Artikel menarik lainnya:



Comments :

0 komentar to “Nokia 5000, Ponsel Musik Untuk Pemula”


Posting Komentar