Rabu, 25 Juni 2008

Apa Itu Sistem Operasi ?

Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya Operating System adalah suatu sistem yang mengkoordinasikan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) sehingga dapat mengatur aktifitas dalam suatu komputer. Beberapa contoh sistem operasi yang biasa kita dengar antara lain Windows, Linux, Mac, Unix, BSD, Solaris, dan lain-lain.

Layaknya otak yang mengatur segala aktivitas kita, begitu pula dengan sistem operasi yang mengatur aktivitas-aktivitas di dalam komputer. Tanpa sistem operasi kita tidak dapat menjalankan komputer, aplikasi-aplikasi yang kita miliki tidak dapat kita gunakan karena hanya dapat berjalan dan bekerja pada sistem operasi.

Setiap sistem operasi memiliki algoritma program yang berbeda-beda. Contohnya, jika kita menginstall program Ms. Office 2007 pada sistem operasi Macintosh (Apple)sudah pasti program tersebut tidak akan terinstall. Karena itulah pada setiap sofware terdapat label Spesifikasi komputer yang diperlukan.

Pada umumnya software(program) yang banyak beredar di dunia diperuntukkan untuk sistem operasi Windows, oleh sebab itulah banyak orang yang memakai sistem operasi Windows (khususnya Indonesia).

Sekian dulu penjelasan saya tentang sistem operasi, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan saja bertanya,hehehe..

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat!


Tutorial Bisnis Online:

Artikel menarik lainnya:



Comments :

1

nice blog...

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar