Jumat, 25 September 2009

China Blokir Facebook dan Twitter

Menjelang peringatan besar-besaran HUT China ke-60 pada 1 Oktober mendatang pemerintah memberlakukan pengamanan mahaketat di Beijing. Pemerintah kini keras mengharamkan berbagai aksi protes dan kritik terhadap pemerintah. Kontrol terhadap internet diperketat. Bahkan, sebagaimana dilaporkan Majalah Time, Facebook dan Twitter kini telah total diblokir di seantero Negeri Tirai Bambu.

Tak cuma itu, warga bahkan juga dilarang untuk datang ke ibu kota untuk menyampaikan petisi guna mengadukan berbagai persoalan di berbagai provinsi di luar Beijing.

Peringatan HUT China ke-60 ini rupanya sakral betul. Standar pengamanan yang diambil bahkan jauh lebih ketat ketimbang saat penyelenggaraan Kongres Partai Komunis atau Olimpiade Beijing tahun lalu.

Pada 1 Oktober nanti sebuah parade militer yang kolosal dan spektakuler akan digelar di Lapangan Tiananmen—melibatkan 200 ribu tentara, ribuan pelajar dan warga sipil. Pakar militer menyatakan China juga akan melakukan unjuk kekuatan besar-besaran dengan menggelar armada militer mereka yang tercanggih—meliputi jet tempur dan arsenal rudal balistik model terbaru.

Juli lalu, menyusul kerusuhan di Provinsi Xinjiang, pemerintah China juga memblokir secara total jaringan Facebook, Twitter, Blogspot, Wordpress, dan Youtube. Adapun Flickr dan Wikipedia hanya diblok sebagian saja. Kantor Berita Xinhua menyatakan pemutusan ini ditujukan untuk mencegah koordinasi antar demonstran (sumber: Time, examiner.com).

Sumber: Vivanews


Tutorial Bisnis Online:

Artikel menarik lainnya:



Comments :

10 komentar to “China Blokir Facebook dan Twitter”

Kayanya biar kekacauan dan aib negara mereka tidak disebar luaskan melalui media di atas kawan!

Ada-ada aja... he...

Salam Kenal

Kang Dedy mengatakan...
on 

betul betul betul!

Krishna mengatakan...
on 

ngapain ditutup, sudah aja jangan ditutup facebook+twitter thu buat berkomuniukasi lewat jarak jauh ,,,

nunik mengatakan...
on 

Sisi positif dari pemblokiran ini adalah memproteksi budaya dan eksistensi bangsa, namun sisi negatifnya menjadikan bangsa tersebut seperti 'katak dalam tempurung' .....
Salam blogger.

DUNIA BLOG mengatakan...
on 

Memproteksi facebook dan twitter memang ada baiknya agar masyarakatnya lebih produktif dan tidak sekedar ha ha hi hi tanpa guna.

Anonim mengatakan...
on 

kira kira indonesia berani gak ya ?

Pemilihan Caleg DPRD Kalbar 2014 Satu Kursi Untuk Seniman mengatakan...
on 

wah gila

sharing cyber mengatakan...
on 

siip semoga cina ngeluarkan tandingan, asia jaya

cat tahan panas mengatakan...
on 

facebook kapan bangkrutnya, klo ga ada saingan.. trim gan

cat jotun mengatakan...
on 

gak akan bangkrut

cara download youtube mengatakan...
on 

Posting Komentar