Minggu, 20 Juli 2008

BTS Indosat Menggunakan Tenaga Matahari

Untuk mengantisipasi tidak menentunya pasokan listrik dari PLN, PT Indosat Tbk menggunakan solar cell (sel surya) untuk memasok kebutuhan energi pada Base Tranceiver Station (BTS). Penggunaan BTS dengan sel surya telah dilakukan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). BTS Woloan di Kota Tomohon merupakan salah satu BTS uji coba yang menggunakan solar cell, namun hasilnya masih dalam kajian bagaimana hasilnya.

Selain tenaga Matahari, Indosat juga akan mencoba berbagai energi alternatif lainnya, seperti tenaga angin dan bio fuel berbahan bakar kepala sawit serta biji jarak. "Beberapa daerah lain yang sudah mengembangkan energi alternatif yakni BTS Girisari, Uluwatu Bali, dan Labuan Lombok," kata Tri.

"Inisiatif pengalihan penggunaan energi alternatif tersebut merupakan upaya Indosat memberikan layanan telekomunikasi selular bagi masyarakat, sekaligus bentuk kepedulian mewujudkan lingkungan yang bersih," kata Tri.

Jumlah BTS di wilayah Sulut dan Gorontalo saat ini mencapai 188 BTS, diantaranya, 18 BTS untuk melayani pelanggan yang ada di Kota Manado.

Mudah-mudahan saja operator lainnya bisa dapat meniru langkah bijak Indosat ini


Tutorial Bisnis Online:

Artikel menarik lainnya:



Comments :

1

nice post!

blogger-mind mengatakan...
on 

Posting Komentar