Minggu, 31 Agustus 2008

Meningkatkan Popularitas Blog Lewat Social Media Optimization

Saya membuat artikel ini bukan berarti blog saya sudah populer ya! Saya cuma mau sharing aja, karena ternyata situs-situs social media sangat membantu saya mempublikasikan blog ini. Dengan menggunakan social media akan meningkatkan peluang blog-blog lain memberikan outlink ke blog anda, seperti yang kita tahu, semakin banyak backlink yang kita punyai semakin tinggi posisi blog kita di SERPs (Search Engine Result Pages).

Hampir semua social media sites mem provide button hingga para visitor cuma butuh sekali klik untuk menambah poin (popularitas) blog anda di situs social media tersebut.

Untuk mendapatkan full benefit dari social media optimization anda haruslah memposting secara regular dan menjadi member aktif di social community dimana anda bergabung, adalah sebuah keharusan untuk mensubmit tiap konten anda ke situs-situs social media popular, hingga tiap page anda mempunyai backlink High PR Site yang nanti juga akan mendatangkan visitor dari SE.
Seperti kita tahu semakin tinggi PR (PageRank) sebuah situs, semakin tinggi peluangnya untuk muncul di halaman pertama mesin pencari. Sebagai contoh bila anda memiliki sebuah page dengan title “I Hate George Bush” dan kemudian mensubmitnya ke digg, nanti bila seorang user mengetikkan “I Hate George Bush” di mesin pencari dijamin konten yang anda submit ke digg tadi akan muncul di halaman pertama, lalu si user akan mengklik link tersebut dan dibawa ke halaman blog anda.
Bandingkan bila anda cuma mengandalkan kesaktian anda, pada halaman berapa blog anda akan muncul di google untuk kata kunci “I Hate George Bush”?

Social media bisa juga digunakan untuk spamming ( Elite Spammers, Bring Back The Spamming Spirit!). Tapi anda harus hati-hati, jangan terlalu sering submit konten dari blog yang sama ke situs social media yang sama, akukan maksimal dua kali seminggu dan jangan pelit untuk mem vote konten user lain, karena akan menambah networking, biasanya para submitter akan melihat siapa saja yang mem vote konten mereka dan balas mem vote balik.

Beberapa bulan lalu, terinspirasi oleh kesuksesan digg muncullah infogue.com, adminnya memperkenalkan infogue dengan memberi komen-komen di blog dengan konten berkualitas, tapi sayang ada yang salah dengan situs tersebut hingga tiap kali ingin mensubmit konten kita mesti login dulu karena cookies mozilla tidak bisa mengingat username dan password user, pilihan captchanya lumayan sulit untuk anda yang berkaca mata dan saya curiga poinnya fake, beberapa konten yang saya submit mendapat lebih dari dua ratus vote, tapi cuma mendatangkan dua sampai lima visitor.

Bagi anda yang berminat untuk mensubmit konten anda bisa menggunakan tool submit otomatis seperti Social Marker dan Tagenie.

Akhir kata saya harap artikel ini dapat berguna bagi teman-teman sekalian, selamat ngeblog!


Tutorial Bisnis Online:

Artikel menarik lainnya:



Comments :

10 komentar to “Meningkatkan Popularitas Blog Lewat Social Media Optimization”

kalo lokalan gue lebih nyaman pake infogue ama indotag... maknhyus buat trepik lokalan... ..

Anonim mengatakan...
on 

makasih infonya

Anonim mengatakan...
on 

@malapu
|betul mas, aku biasa pake infogue, lumayan lah buat social bookmarking :D

@masadrians
|sama2 mas, rajin2 berkunjung yaa ;)

Anonim mengatakan...
on 

thx atas masukannya mas

Anonim mengatakan...
on 

@catur ariadie
|Ok, sama2 :) sering2 berkunjung ke blog Maknyooos yaa ;)

Anonim mengatakan...
on 

makasih ya tips nyaa. ;))

rossie ochie mengatakan...
on 

makasih mas, nambah ilmu lagi nih, . . .

Klopototolia TJ mengatakan...
on 

Yah begitulah, media social memang dapat dipergunakan untuk menaikkan popularitas blog, namun aku lebih suka menggunakan Google Plus dan Facebook.

http://caragampang21.blogspot.com

CARA GAMPANG mengatakan...
on 

Sosial media udah menjamur... Gak heran kalau apa aja bisa go viral di internet

Nia mengatakan...
on 

sosmed memang bagus

cara download youtube mengatakan...
on 

Posting Komentar